Mengenal 7 Orang Anak Rasululloh SAW, Ada yang Berusia Hanya 16 Bulan

Foto Ilustrasi Sumber :pixabay

Nabi Muhammad SAW adalah manusia terbaik di muka bumi dan merupakan kepala keluarga yang paling baik dalam keluarga, hal tersebut sesuai dengan hadits Nabi SAW :“Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik bagi keluarganya. Dan aku orang yang paling baik bagi keluargaku” [HR. At Tirmidzi no: 3895.

Maka dari itu, Sebagai ummat Nabi Muhammad SAW, seyogyanya kita mengenal semua keluarga nabi agar bisa menambah rasa cinta kita kepada manusia dengan akhlak paling sempurna.

Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar Julukan Abu Al-Qasim yang disematkan kepada nabi, begitu juga kisah dua putri nabi yang dinikahi sahabat, dan ada juga cerita Putra nabi yang meninggal saat usia masih bayi. Pada artikel kali ini penulis akan merinci keluarga nabi khususnya anak-anak nabi. Sehingga, kita bisa mengetahui jumlah, usia, dan dengan siapa putri beliau menikah.


PPDB 2023

Dalam kitab Sirah Nabi Karya Syaikh Shafiyyurahman Al-Mubarakfuri halaman 331-332 dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW Memiliki 7 orang anak. Enam orang lahir dari rahim Khadijah dan satu dari rahim Maria Al-Qibtiyah. Berikut Nama-nama anak nabi :

1. Pertama, Al-Qasim.

Ia adalah anak tertua nabi Muhammad SAW bersama Khadijah r.a. Nama Al Qasim menjadi kunyah (Julukan) kepada Nabi (Abu Al-Qasim). Beliau hidup sampai bisa berjalan dan meninggal pada usia 2 tahun.

2. Kedua, Zainab.

Putri Nabi Muhammad SAW yang tertua dari pernikahan bersama Khadijah RA. Zainab mendapat julukan dari sabda nabi muhammad SAW, "Dia putriku paling Utama." Zainab melahirkan dua orang cucu bernama Ali dan Umamah dan sering dibawa nabi shalat ke masjid. Zainab Pada Tahun 9 Hijriah

Baca Juga : Mengapa Budaya Membaca Masyarakat Indonesia Rendah?

3. Ketiga, Ruqoyyah.

Ia merupakan anak Nabi bersama Khadijah r.a. Ruqoyyah menikah dengan sahabat nabi yang paling pemalu bernama Utsman Ibn Affan. dan Ruqoyyah meninggal saat Rasululloh SAW berjihad di perang badar.


ilustrasi | Sumber : pixabay

4. Keempat, Ummu Kultsum.

Ummu Kultsum merupakan putri nabi Muhammad SAW yang juga menikah dengan Ustman bin Affan setelah saudarinya Ruqoyyah Meninggal. Ummu Kultsum meninggal pada Bulan Sya'ban tahun 6 Hujriah di Pemakaman Baqi'.

5. Kelima, Fathimah.

Foto Ilustrasi | Sumber : pixabay

Fatimah merupakan putri terakhir Nabi Muhammad SAW dan yang paling nabi Cintai. Fatimah menjadi pemimpin wanita penduduk surga. Fatimah menikah dengan Ali ibn Abi Thalib dan melahirkan putra bernama Hasan dan Husein dan dua anak perempuan bernama Zainab dan Ummu kultsum. Fatimah meninggal enam bulan setelah Nabi Wafat.

6. Keenam, Abdullah.

Beberapa ulama berpendapat Abdullah lahir setelah islam muncul dan ada yang berpendapat sebelum nabi diangkat menjadi Rasululloh SAW. Abdullah meninggal ketika masih kecil dan ia merupakan anak terakhir nabi bersama Khadijah r.a.

PPDB T.P. 2022/2023

7. Ketujuh, Ibrahim.

Ibrahim Lahir di madinah dari rahim Maria Al-Qibtiyah pada Bulan Jumada Al-Awwal atau Jumada Akhir pada tahun 9 Hijriah. Ibrahim meninggal pada usia 16 bulan atau 18 bulan saat gerhana matahari di madinah pada Bulan 29 Syawal tahun 10 Hijriah. Ketika Ibrahim meninggal Rasululloh Saw bersabda tentangnya, "Sungguh akan ada yang menyusuinya di surga untuk menyempurnakan masa susuannya."

Demikianlah tujuh orang nama-nama Anak Nabi Muhammad SAW semoga bisa menambah kecintaan kita kepada Rasululloh SAW.



Post a Comment

0 Comments

OPAC (KATALOG BUKU ONLINE)