ELECTRONIK DEWEY DECIMAL CLASSIFICATION (E-DDC) EDISI 23 MUDAH & LENGKAP!




 Electronik Dewey Decimal Classification (e-DDC) Edisi 23 Lengkap

Hai teman-teman perpusbw2. Kali ini kita akan membahas klasifikasi koleksi buku di perpustakaan menggunaakan sistem Dewey Decimal Clasification (DDC). Sistem ini sangat  membantu pustakawan dalam mengelola setiap tema buku yang ada di dalam perpustakaan.

Sistem DDC merupakan klasifikasi yang diciptakan oleh Melvil Dewey pada abad ke 19 tepatnya tahun 1876. Hak cipta DDC ini ada pada Online Computer Library Center, Inc. (OCLC) yang merupakan organsasi riset dan layanan perpustakaan komputer, berkeanggotaan, dan nirlaba yang didedikasikan bagi kebutuhan akses masyarakat terhadap informasi dunia. Organisasi ini didirikan tahun 1967 dengan nama Ohio College Library Center.

Baca Juga : Cerpen Penasehat Kota

Bila dibandingkan dengan sistem klasifikasi lainnya, sistem ini lebih mudah difahami dan lebih spesifik terhadap tema buku tertentu. Hal ini berdasarkan pada Kelengkapan klafikasi yang mencakup seluruh tema ilmu pengetahuan, kemudahan menentukan lokasi kelas suatu buku, serta fleksibilas pembaruan dan penambahan sub kelas terhadap semua kelas.

Untuk mengakses DDC bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama secara menual dan yang kedua seperti yang kita bahas di artikel ini, yakni melalui laman HTML atau e-DDC. Pertama, mencari klasifikasi secara manual. Hal ini mungkin sulit dilakukan mengingat harga buku paked DDC lengkap lumayan mahal. Di toko online harganya bisa mencapai jutaan rupiah karena ketebalannya lebih dari 1000 halaman. Selain ini, pustakawan juga akan kesulitan mencari secara spesifik klasifikasi buku tertentu dengan subbab kelas yang tepat.

Baca Juga : Masa Depan Ilmu Perpustakaan

Kedua, mengakses DDC secara elektronik melalui aplikasi atau lama website. Cara ini merupakan paling praktis dan bisa mempercepat kerja pustakawan. Data lengkap klasifikasi Dewy dap dilihat dengan mengklik icon menu, sedangkan untuk menentukan kelas satu buku cukup dengan mengetik tema buku lalu secara otomatis aplikasi akan menunjukkannnya secara spesifik.

Kemampuan pustakawan dalam menentukan tema satu buku sangat menentukan penempatan kelas DDC. Ilmu perpustakaan serta tingkat literasi menjadi daya dorong pustakawan untuk menilai isi buku. Sehingga kesalahan klasifikasi buku dapat dihindari dan penataan buku lebih rapi di perputakaan. Berikut cara yang bisa diambil untuk menentukan teman buku:

Dari judul buku.

Judul suatu buku adakalanya sudah menunjukkan tema atau subjek yang dibahas. Misalnya: Pengantar Aljabar untuk Perguruan Tinggi maka subjeknya adalah "Aljabar", Pengantar Teknologi Informatika maka subjeknya adalah "Informatika", dan seterusnya.

Dari ringkasan atau resume buku.

Apabila dari judul suatu buku tidak dapat diketahui secara pasti tema atau subjeknya, maka ringkasan isi buku yang umumnya tertera pada cover belakang dapat dijadikan pedoman. Dari ringkasan itu akan diketahui subjek yang terkandung pada buku tersebut. Misalnya: Laskar Pelangi, judul tersebut tidak langsung menunjukkan subjek yang dimaksud tapi harus terlebih dahulu dibaca ringkasannya agar diketahui subjek apa yang dikandungnya, kemudian ditemukan subjek dari buku Laskar Pelangi adalah tentang fiksi. Maka nomor klasifikasi fiksi Indonesia adalah 813 atau 899.221. Dan seterusnya.

Dari daftar isi atau kata pengantar atau pendahuluan buku.

Apabila dari judul buku belum dapat diketahui, maka subjek yang dibahas dalam buku tersebut dapat ditemukan dengan cara menganalisa daftar isi atau kata pengantar atau pendahuluan buku tersebut.

Baca Juga : Managemen Perpustakaan

Terdapat sepuluh kelas utama dalam klasifikasi Dewey, masing-masing kelas dibaligi dalam 10 bagian, kemudian dibagi lagi ke 10 bagian, dan seterusnya. Pembagian tersebut setiap tema buku teridentikasi dengan tepat. Sepuluh kelas utama Dewey Decimal Classification adalah sebagai berikut:

000-999 Komputer, informasi dan referensi umum

100-199 Filsafat dan psikologi

200-299 Agama

300-399 Ilmu sosial

400-499 Bahasa

500-599 Sains dan matematika

600-699 Teknologi

700-799 Kesenian dan rekreasi

800-899 Sastra

900-999 Sejarah dan geografi

Pada tahun 2011 telah terbit DDC edisi 23 dikenal dengan DDC23 teman-teman bisa akses di sini


Post a Comment

0 Comments

OPAC (KATALOG BUKU ONLINE)