>

MANAGEMEN PERPUSTAKAAN YANG BAIK DAN BENAR


“Perpustakaan yang baik merupakan produk dari managemen yang berkualitas.”

Perpustakaan pada dasarnya adalah media pendistribusi ilmu atau informasi dari sumber (buku, artikel, majalah, jurnal, dll) kepada pemustaka (pembaca.) Itu sebabnya perpustakaan akan selalu dibutuhkan selamanya.

Tanpa kehadiran perpustakaan maka akan banyak orang yang  menelan informasi tanpa melakukan filterisasi.

Banyak orang awam yang berpandangan bahwa perpustakaan adalah gudang buku. Mungkin saja ada beberapa instansi memang memperlakukan perpustakaan seperti itu. Pendapat tersebut juga dikarenakan manajemen perpustakaan tidak berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, dalam hal ini orang yang mengelola perpustakaan, yakni pustakawan harus berusaha semaksimal mungkin menjalankan tugas dan fungsinya.

Managemen Perpustakaan

Apa itu managemen perpustakaan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990:553) managemen adalah “Proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.”

Menurut George R. Terry & Lesie W. Rue (1991:1) managemen adalah “Proses atau kerangka kerja yang melibatkan kegiatan pembimbingan atau pengarahan sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi/lembaga tertentu.”

Menurut Henry L.Sisk (Managemen and Organisasi (1977) manajemen adalah “koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengawasi suatu kegiatan untuk mencapai sasaran uang ditetapkan.”

James A.F Stoner (Managemen 1978) manjelekaskan bahawa managemen adalah “Proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengawasi upaya anggota suatu organisasi dengan menggunakan  sumber daya lainya dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Pengertian lain dari manajemen adalah “kegiatan mencapai tujuan dengan memanfaatkan kekuatan pihak lain.

Sedangkan perpustakaan adalah “media penyalur informasi dari sumber kepada pembaca.”

Maka, secara sederhana manajemen perpustakaan adalah pengelolaan perpustakaan dengan mengoptimalkan sumber daya manusia, sumber daya fisik, dan sumber daya finansial untuk mencapai misi perpustakaan.

Bagaimana managemen perpustakaan yang baik dan benar?

Yaitu kemampuan pustakawan dalam mengetahui sumber daya yang dimiliki baik itu sumber daya manusia, sumber daya fisik, dan financial yang dimiliki lalu mendayagunakannya secara optimal.

Semoga bermanfaat teman teman…..




Labels: librarian tips, managemen

Thanks for reading MANAGEMEN PERPUSTAKAAN YANG BAIK DAN BENAR. Please share...!

0 Komentar untuk "MANAGEMEN PERPUSTAKAAN YANG BAIK DAN BENAR"

Need To Know..............

OPAC (KATALOG BUKU ONLINE)

Back To Top