3 Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban ; Ka'bah, Puasa dan Ampunan

3 Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban ; Ka'bah, Puasa, dan Ampunan

Foto Ilustrasi Sumber ; Pexel

Bulan Sya'ban adalah bulan ke-8 dalam kalender Hijriah dan menjadi bulan pengantar kita menuju bulan Ramadan.

Bulan ini begitu istimewa karena sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Ra ia berkata Nabi Muhammad SAW selalu berpuasa selama hampir sebulan penuh di Bulan Sya'ban.

Baca Juga : Penerimaan Peserta Didik Baru Telah Dibuka

Bulan Sya'ban juga menjadi moment dilaporkannya amalan ummat islam oleh jibril kepada Allah SWT. Kita juga harus melakukan berbagai persiapan menyambut ramadhan di bulan Syaban seperti yang telah kami jelaskan di artikel sebelumnya.

Mengutib Buku 'Fiqh Puasa' Karya Gus Arifin Halaman 30 Berikut ada tiga hal penting yang membuat Bulan Sya'ban begitu istimewa ;

Buka Link Pendaftaran disini

1. Ka'bah ditetapkan menjadi kiblat Ummat Muslim

Ka'bah adalah satu-satunya kiblat ummat muslim dalam menjalankan ibadah. Ka'bah sendiri berada di dalam kawasan Masjidil Haram di kota Makkah. Dan ternyata penetapan Ka'bah sendiri jatuh pada bulan Syaban yakni setelah Nabi Muhammad SAW menetap selama 7 bulan di Madinah.

Sebelumnya, Nabi Muhammad SAW selalu menengadahkan tangan ke langit ketika berdoa, begitu juga ketika beliau menunggu datangnya wahyu. Kemudian turunlah ayat yang memerintahkan nabi agar menghadap ke Ka'bah sebagai berikut ;

"Sungguh kami sering melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah masjidil haram. Dimana Saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya...(Q.S. Al-baqoroh ayat 144)"

2. Puasa Ramadan diwajibkan Pada Bulan Sya'ban.

Info Pendaftaran

Masih dari buku yang sama. Ternyata Bulan suci Ramadan ditetapkan pada tanggal 10 Sya'ban tahun kedua hijriah. Tepatnya setelah satu setengah tahun nabi hijrah dari Makkah ke Madinah.

Dalam riwayat dijelaskan bahwa Nabi rutin melakukan puasa Asyura (Puasa di hari ke 10 di bulan Muharram) dan mewajibkan hal tersebut kepada para sahabat. 

Namun, karena puasa itu sebelumnya banyak dilakukan oleh orang selain islam, maka muncullah ayat Al-qu'an Surah Al-Baqoroh ayat 183 yang mewajibkan Nabi Muhammad SAW dan Ummatnya agar melaksanakan Puasa di Bulan Ramadan.

3. Allah SWT memproklamirkan Pengampunan-Nya di Bulan Sya'ban.

Info Lengkap Pendaftaran 

Dalam Kitab Al Targhib Imam Munziri dalam Arifin dijelaskan bahwa bulan Sya'ban adalah bulan yang agung dan dicintai oleh Nabi Muhammad SAW. Keutamaan bulan Sya'ban terlihat jelas dalam hadist berikut ;

Diriwayatkan dari Mu'adz bin Jabal RA. Bahwa Rasululloh SAW bersabda ; Pada malam nisfu Sya'ban Allah SWT akan mengumumkan kepada sekalian manusia bahwa Ia akan mengampuni orang-orang yang mau beristigfar, kecuali orang-orang yang menyekutuka-Nya, juga orang-orang yang suka mengadu domba terhadap sesama muslim." (HR Al-Thabrani dan Ibnu Hibban.)

Demikianlah penjelasan tiga keistimewaan Bulan Sya'ban, Semoga bermanfaat.

Share Artikel ini agar lebih banyak orang mendapatkan manfaat.

Penulis ; Juna

Post a Comment

0 Comments

OPAC (KATALOG BUKU ONLINE)