Bagaimana Cara Makan Nabi Muhammad SAW? No. 10 Sering Diabaikan!!

Penulis ; Juna

Nabi Muhammad SAW adalah Teladan terbaik umat manusia karena beliau adalah Al-qur’an berjalan. Kesempurnaan akhlak beliau menjadi panduan bagi kita untuk menjalani kehidupan sehari hari, khususnya dalam hal makan dan minum.

Nabi memberikan perhatian khusus tentang adab ketika makan dan minum. Hal ini penting karena makanan dan minuman sangat mengutamakan kebersihan. Mengutip Kitab Ensiklopedia Hadits & Al-Qur’an karya Buya Alfis Chaniago berikut 10 Adab Makan dan Minum Nabi Muhammad Saw ;

Baca Juga ; Cara Mudah Peminjaman Buku Secara Mandiri Melalui Aplikasi

Meniru Cara Makan Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi

  1. Nabi selalu menghargai makanan

Nabi tidak pernah berkata buruk/mencela makanan. Secara ilmiah, berkata buruk terhadap makanan memang dilarang, karena akan berpengaruh secara kimiawi terhadap makanan.

Baca Juga ; 13 Manfaat Puasa Menurut Para Ahli

Hal ini sesuai dengan hadis Dari Abu hurairah, ia berkata,

‘Rasul SAW sama sekali tidak pernah mencela makanan, jika menyukai, beliau memakannya. Dan apabila tidak suka, beliau tinggalkan. (HR. Muttafaq Alaih)

2. Nabi tidak makan sambil bersandar

adab nabi ketika makan adalah beliau memposisikan tubuhnya dengan baik dan tidak bersandar ketika makan.

Sesuai dengan hadist nabi ;

“Dari Juhaifah Wahab bin Abdillah ra, ia berkata, ‘Rasul SAW bersabda, ‘Aku tidak makan sambil bersandar’.’ (HR. Al Bukhari)



3. Makan dan Minum dengan Tangan Kanan

Tangan kanan adalah simbol kebersihan dan kesantunan, terutama dalam hal mengonsumsi makanan dan minuman. Nabi Muhammad Saw selalu menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum.

Sesuai dengan Hadist Nabi;

Dan dari Hafsah binti Umar ra, ia berkata, ‘bahwasanya Rasul Saw selalu menggunakan tangan kanannya untuk makan, minum, dan berpakaian. Dan beliau menggunakan tangan kirinya selain itu. (HR. Abu Daud)

4. Makan dengan Tiga Jari

Nabi juga mengajarkan kita untuk makan dengan beberapa jari. Hal ini untuk mencegah kita untuk makan dengan kerasukan.

Sesuai Hadis yang diriwayatkan dari Ka’ab ra. ia berkata; Aku melihat Rasul Saw makan dengan tiga jari. Dan setelah selesai beliau menjilati jari-jemarinya. (HR. Muslim)

5. Menjilati Jari-jemari selesai makan.

Kebersihan dalam hal makan adalah hal utama, baik itu sebelum dan sesudah makan. Itu sebabnya nabi mengajarkan kita untuk membersihkan jari setelah makan,

Hal ini sebagaimana hadits anas bin malik ;

Dan dari Anas bin Malik, ia berkata, ‘Adalah Rasul Saw, apabila selesai makan, beliau menjilati tiga jarinya. Dan beliau memerintahkan kami agar membersihkan bekas makanan.(HR. Muslim)

6. Mengambil nafas tiga kali ketika minum.

Nabi mengajarkan kita untuk minum secara perlahan. Cara terbaik yang diajarkan nabi adalah memberi jeda saat minum dan memuji sang pencipta.

Hal ini sesuai dengan hadist nabi ;

Baca Juga ; Bolehkah mengganti Puasa Keluarga yang telah Meninggal?

Dan dari Anas bin Malik ra, ia berkata, ‘Bahwasanya Rasul Saw selalu mengambil nafas tiga kali ketika minum.” (HR. Muttafaq Alaih)

Nabi juga bersabda ;

“Janganlah kalian minum sekali teguk seperti minumnya unta, tetapi minumlah dua atau tiga tegukan. Dan bacalah bismillah ketika minum, kemudian bacalah hamdalah selesai minum. (HR. Turmudzi)

7. Mulai makan dari sebelah sisi tempat makan

Nabi juga mengajarkan Adab ketika makan telah terhidang. Beliau memerintahkan kepada kita untuk mengambil makan yang paling dekat dengan posisi kita duduk. Beliau melarang kita untuk mengambil makanan yang ada di tengah diawal makan.( HR. Ahmad dan Nasa’)

Hal ini sesuai dengan Hadist Nabi ;

“Dari Ibnu Abbas ra dari Nabi Saw, beliau bersabda, “Barakah turun di tengah-tengah makanan, maka makanlah dari sisi-sisinya, dan janganlah kalian makan dari tengah” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

8. Berdoa sebelum dan sesudah makan

Nabi memberikan teladan kepada kita agar selalu berdoa dalam setiap aktivitas kita. Begitu juga ketika makan, nabi selalu mengucapkan doa sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut ;

“Adalah Nabi Saw, apabila makanan telah disediakan kepadanya, beliau membaca bismillah. Dan apabila selesai makan, beliau berkata, ‘Ya Allah, engkau telah memberikan makan dan minum, engkau telah mencukupkan dan meridhaiku, dan engkau telah memberikan petunjuk kepadaku serta menghidupkanku. Segala Puji bagi-Mu atas semua yang engkau berikan padaku.’ (HR. Ahmad dan Nasa’i)

9. Tidak pernah kenyang dua hari berturut-turut.

"Dan dari Aisyah Ra, ia berkata 'Keluarga Muhammad Saw tidak pernah kenyang dari roti tepung selama dua hari berturut-turut hingga beliau meninggal'. (HR. Muttafaq Alaih)

10. Tidak pernah makan di meja makan

Point terakhir banyak dilanggar oleh umat muslim, yaitu makan di atas meja makan. Padahal, Nabi telah memberi teladan agar makan tanpa meja makan, dan nabi tidak pernah makan di atas meja makan hingga beliau meninggal. Hal ini sesuai dengan hadits dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu,

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah makan di atas meja makan dan tidak pula di atas sukurrujah," (HR. Al-Bukhari no. 5415).

Demikianlah Cara Makan Nabi Muhammad SAW. Semoga kita bisa meneladani Nabi dari segala aspek. Amin.

Share artikel ini agar banyak yang menerima manfaat

Juna

Post a Comment

0 Comments

OPAC (KATALOG BUKU ONLINE)