Resensi novel From 1063 by Reisya Adelia "Rindu dan Kesungguhan"




Judul : From 1063
Penulis : Reisya Adelia
Penerbit : Rain books
Tahun Terbit : September 2022
ISBN : 9786235266121
Kolase :197 hal
Genre : romantis

Membaca novel berjudul "From 1063" karya Reisya Adelia membuktikan kepada kita bahwa kerinduan akan menciptakan kesungguhan dalam menggapai tujuan. Hal ini terbukti dari semangat Jehana mencari keberadaan ayahnya yang telah hilang lama dengan terbang ke Paris demi mengumpulkan berbagai petunjuk.

Penulis harus memberikan applause pertama kepada kepada Reisya Adelia Siswi SMA Budhi Warman 2 karena berani membuka novel dengan peristiwa imajiner di dalam pikiran tokoh. Bagi pembaca awam, mungkin ini harus membaca dua kali untuk memahami awal cerita.

Applause kedua penulis berikan arena Gadis kelahiran Jakarta di bulan Desember ini berhasil memenuhi syarat menulis cerita Novel berkualitas nomor 143 (nomor 1 s/d 142 silahkan karang sendiri), yaitu "Ciptakan rasa penasaran."

Dan rasa penasaran itu muncul dari pertanyaan, "Kenapa ayah Jehana menghilang dan apakah ia mampu bertemu dengan sang ayah?"

Maka dari itu, penulis juga akan secara sengaja menambah rasa penasaran pembaca dengan menciptakan pertanyaan baru yaitu, "Apakah resensi ini akan menjawab dua pertanyaan diatas? Silahkan baca sampai akhir.

Semangat Jehana berhasil digambarkan oleh Reisya Adelia lewat kesungguhan jehana untuk meyakinkan orang-orang di sekitarnya bahwa ia akan bertemu dengan sang ayah di suatu tempat di Paris.

Ibu jehana yang awalnya ragu merelakan gadisnya terbang dari Indonesia ke salah satu kota di benua biru tepatnya di kota cinta akhirnya luluh.

Sembari melawan rasa keraguan ia akhirnya memberikan kepercayaan kepada putrinya seraya berpesan, "Kamu sudah ambil keputusan sejauh ini, maka kamu harus bertanggung jawab sama keputusan kamu sendiri" (hlm 18).

Jehana pasti tidak menyangka di Paris akan mengalami berbagai kejutan dalam memecahkan teka-teki keberadaan ayahnya.

Salah satunya bertemu dengan pria misterius bernama aziel yang merupakan seorang agen inteligen Perancis. 

Menara cinta menjadi perantara yang mempertemukan dua insan dengan masalah yang tidak jauh berbeda. Dan seperti konspirasi semesta pria tersebut mau membantu jeha untuk mencari ayah.

Dalam pencarian lelaki yang dirindu, mereka mengalami banyak cobaan, terutama aziel yang masih terantai dengan pekerjaannya, begitu pun Jeha dengan masa kecilnya.

Aksi perkelahian aziel dengan agen-agen pengkhianat membuat novel ini terasa seru. Belum lagi beberapa plot twist yang dimunculkan Reisya dalam novel ini akan membuat para pembaca terkejut.

Kepingan puzzle demi puzzle pun akhirnya mereka dapatkan. Siapa yang mengira kalau puzzle tersebut bahkan datang dari kenalan dekat keluarga Jeha. Namun pertanyaannya "Apakah puzzle tersebut mampu mengantarkan mereka bertemu ayah?

Kekuatan sosok ayah

Hampir semua tokoh di dalam cerita menggambarkan betapa pentingnya sosok ayah bagi semua orang. Ayah adalah pahlawan bagi anak. Ayah merupakan cinta pertama anak perempuan.

Tidak heran jika banyak orang melakukan hal gila demi mencari kebenaran dan keberadaan ayah mereka.

Aziel dan agen rahasia lain bernama Frey yang baru mengetahui bahwa ayah mereka juga tiada karena tangan kotor agen jahat membuat mereka menjadi sepaham dan bekerja bersama.

"... Frey menggenggam pistol yang aziel pegang.
Mereka berdua terdiam beberapa saat. Aziel tahu Frey lemah tentang apapun yang menyangkut Ayah pria itu. " Jadi, kau mau ikut membantu saya mencari tahu siapa pembunuh orang tua kita?" (Hlm 89). Jelas terlihat sekali jiwa yang luluh dari kedua pria yang merupakan agen rahasia negara tempat menancapnya menara Eiffel.

Reisya menulis novel ini dengan imajinasinya liarnya tentang pertarungan dan teka-teki yang membuat pembaca ikut berpikir. Petualangan sosok Jeha dalam novel ini bisa jadi sisi lain dari Reisya. Jeha adalah sosok periang, pemberani.

Petualangan di negeri seberang

Penulis akan mencoba membandingkan novel ini dengan novel petualangan di negeri seberang yang pernah penulis baca seperti negeri 5 menara, edensor, bumi cinta, dan ayat ayat cinta. Kisah cinta yang masing- masing ada di Amerika, Belanda, Rusia, dan Turki. Sedang novel Reisya berlatar di negeri Prancis.

Novel Reisya mengisahkan pembaca bahwa lokasi hilangnya ayah ada di Prancis, namun resensor berusaha menghidupi imajinasi dengan kuat karena penulis tidak menemuka beberapa nama-nama jalan terkenal yang ada di Perancis. Seperti Rue de Marseillle, Rue Vielille, Rue Oberkamp, Rue J'teame le blounk (yang terkahir hanya jalan bohongan)

Atau mungkin detail kecil seperti bentuk bangunan di lingkungan tokoh.  disana memiliki cerobong asap yang merupakan ciri khas benua biru sejak abad klasik yang dipertahankan karena kegagahan Perancis yang merasa merekalah pemenang perang dunia dua Bukan inggris.

Karena peristiwa ini tidak ada di Indonesia jadi pembaca butuh tambahan energi untuk meyakinkan imajinasi mereka bahwa kisah Jeha ada di kota Paris.

Penulis sedikit senang ketika Reisya menceritakan ada jembatan cinta "Ponts des Ats Bridge" namun resensor merasa kurang puas tentang gambaran kondisi fisik jembatan tersebut dan suasananya.

Dimana penjelasan jalan setapak berwarna abu-abu gelap bergaris penampung salju putih pemisah asmara para semut? dan warna-warna gembok dengan rupa love petak persegi bahkan berkode lagu bertuliskan nama pasangan dari berbagai negara,? Dimana deskripsi cuaca dingin yang menyelimuti jembatan diatas sungai Neil yang berdiri mengangkang membelas air sembari menantai pasangan kasmaran menginjaknya?  Dan dimana penjelasan betapa mudahnya menemukan pasangan yang berbagi kehangatan lips.

Penulis berharap kegenitian dari Reisya untuk lebih liar mendeskripsikan lokasi agar pembaca lebih yakin setting novel.

Apapun itu Reisya berhasil mengalirkan plot cerita dari awal hingga akhir. Dan kembali ke pertanyaan utama "Apakah Tokoh dalam novel berhasil bertemu dengan ayah yang hilang? Silakan baca langsung di novelnya ya.

Resensor : Juna 
Baca resensi lainnya dengan Follow akun IG perpus https://www.instagram.com/perpusbw2/


Post a Comment

0 Comments

OPAC (KATALOG BUKU ONLINE)