[Download] Laporan Semester Genap Perpustakaan SMK Budhi Warman 2 2019/2020


Hai Teman-teman perpustakaan, Akhir semester telah berlalu. Saatnya kita memasuki tahun ajaran baru. Meskipun Pandemi Covid19 Belum berakhir, kita sebagai pustakawan harus tetap aktif melakukan jobdesk kita mulai dari inventarisasi, klasifikasi, labeling, shelving, pelestarian, dan laporan.

Maka dari itu, sebagai pustakawan kita memiliki tanggung jawab memberikan laporan semester kepada pihak sekolah. Berikut ini kami berikan laporan yang telah kami buat, semoga bisa menjadi referensi teman-teman pustakawan dalam membuat laporan. Tapi ingat ya. orang berilmu dan berakhlak tidak akan melakukan copy- paste ya...

Yo Cek this post

  Kata Pengantar
  
  Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat rahmat yang diberikan pada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas yaitu membuat semester perpustakaan Tahun Ajaran 2019/2020.
    Dengan berakhirnya Tahun ajaran 2019/2020, maka kami memilki tanggung jawab untuk memberikan laporan perpustakaan selama satu semester. Laporan ini berisi tentang pemanfaatan perpustakaan SMK Budhi Warman 2 yang menjakup perkembangan perpustakaan, pelayanan, penyelenggaraan, dan kinerja petugas perpustakaan.
    Kami berharap semoga laporan ini membawa manfaat bagi para pemakai. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak sekali kelemahan dan kekurangan, maka dari itu kami mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak untuk kesempurnaan penyusunan laporan kami selanjutnya. Terimakasih

Jakarta, 06 Agustus 2020
    Petugas perpustakaan,


Daftar Isi
BAB 1
Pendahuluan
A. Latar Belakang 3
B. Tujuan 4
C. Manfaat 4
D. Visi dan Misi Perpustakaan 4
BAB II
Penyelenggaraan Perpustakaan 5
A. Pengertian Penyelanggaraan Perpustakaan 5
1. Struktur Organisasi 5
2. Penataan Ruang Perpustakaan 5
3. Perlengkapan Perpustakaan 7
4. Peningkatan SDM 8
BAB III
Pengolahan Bahan Pustaka dan Layanan Perpustakaan 9
A. Pengolahan bahan perpustakaan 9
1. Inventarisasi Buku 9
2. Stempel dan Label Buku 10
3. Klasifikasi 11
B. Layanan Pemustaka ..12
1. Persentase Peminjam 12
2. Laporan Pengunjung 13
3. Bimbingan literasi 13
4. Permasalahan yang dihadapi: 13
5. Saran 14
BAB IV
Penutup
Lampiran 16

BAB 1
Pendahuluan
A. Latar Belakang
    Perpustakaan sekolah sebagai salah satu bagian integral sekolah harus dikelola dengan sebaik-baiknya agar perpustakaan sekolah dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Dalam pelaksanaannya, pengelola perpustakaan bukan hanya harus menjalankan layanan, melainkan juga harus melakukan kegiatan administrasi dengan cermat.
    Dengan berakhirnya semester genap tahun pembelajaran 2019/2020, pengelola perpustakaan harus memberikan data objektif pengelolaan perpustakaan kepada pihak sekolah tentang pelaksanaan pengelolaan perpustakaan selama satu semester pelajaran sesuai dengan program kerja perpustakaan. Sehubungan dengan hal tersebut, “Laporan Pengelolaan Perpustakaan  SMK Budhi Warman 2” ini kami susun sebagai data yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dalam pengelolaan perpustakaan tersebut.
    Laporan ini juga mendeskripsikan data objektif  tentang pemberdayaan Perpustakaan SMK Budhi Warman 2 semester genap T.A Tahun 2019/2020 yang mengurai data statistik tentang persentase jumlah pengunjung, persentase jumlah peminjam, persentase penambahan koleksi dan ketersediaan buku perpustakaan. Di samping itu, disajikan juga permasalahan yang dihadapi dan juga saran-saran demi kemajuan Perpustakaan SMK Budhi Warman 2.
    Pengelola perpustakaan telah berupaya untuk menciptakan perpustakaan sebagai pusat belajar dengan memberikan pelayanan dan memfasilitasi guru dan siswa dalam kegiatan belajar di sekolah. Hal ini sesuai dengan visi Perpustakaan SMK Budhi Warman 2  yang didasarkan pada visi perpustakaan, yaitu, “Menjadi Perpustakaan Dan Media Center Yang Unggul Dalam Menyediakan Informasi Dan Sumber Ilmu Pengetahuan, Mencerdaskan Dan Menyenangkan”.
    Upaya pencapaian visi perpustakaan tersebut dilaksanakan sesuai dengan misi perpustakaan     yang merupakan penjabaran dari visi perpustakaan. Visi-misi perpustakaan ini menjadi dasar bagi    pengelola perpustakaan dalam penyusunan dan pelaksanaan program kerja pengelola perpustakaan    selama satu tahun pembelajaran.

Tujuan
    Tujuan dari pelaporan ini adalah untuk memberikan informasi perkembangan perpustakaan selama semester genap Tahun ajaran 2019/2020.

 Manfaat
    Manfaat dari laporan semester ini adalah :
    Mendukung program kerja sekolah dalam pemanfaatan perpustakaan
    Sebagai Dokumen monitoring kinerja petugas perpustakaan 
    Sebagai Bahan Acuan Untuk melaksanakan rencana program perpustakaan sehingga target       perpustakaan sesuai dengan rencana yang telah disetujui

Visi dan Misi Perpustakaan
    Visi Perpustakaan
    Visi perpustakaan adalah “Menjadi Perpustakaan dan Media Center Yang Unggul Dalam     Menyediakan Informasi Dan Sumber Ilmu Pengetahuan, Mencerdaskan Dan Menyenangkan.”
    Misi Perpustakaan
    Misi Perpustakaan adalah :
    Menjadikan Perpustakaan sebagai Jantungnya pendidikan sekolah
    Menjadikan perpustakaan dan media center sebagai tempat belajar yang menyenangkan
    Mewujudkan generasi muda gemar membaca
    Meningkatkan mutu layanan, prasarana dan teknologi terkini untuk Mewujudkan lingkungan akademik yang sehat da memikat agar dapat dimanfaatkan oleh warga sekolah seluruhnya.

Baca Juga Cerpen Paling Dilematis ; Dilema Sang Penasehat Kota

    Penataan Ruang Perpustakaan
    Guna memberikan layanan yang baik kepada para anggota perpustakaan, pengelola perpustakaan telah melakukan penataan ruang perpustakaan. Ruang perpustakaan ditata dalam beberapa bagian, yang terdiri dari: ruang membaca, rak  buku pelajaran, rak buku non-pelajaran, buku referensi, dan  ruang multi media dll. Tata ruang perpustakaan terlihat pada gambar berikut :
    Gambar 1. Denah Perpustakaan

   Penataan perabot dan perlengkapan perpustakaan yang telah dilakukan selama semester genap adalah Pengadaan meja, kursi membaca perpustakaan, dan penambahan komputer
 
 Gambar 2. Perpustakaan :


Untuk Laporan Lebih Lengkap Silahkan Download di sini






Post a Comment

0 Comments

OPAC (KATALOG BUKU ONLINE)