>

Cara Menulis Cerpen dengan Mudah



Menulis cerpen adalah kegiatan yang menyenangkan. Kemampuan mengolah kata dan kemampuan menghadirkan imajinasi yang tinggi akan melahirkan cerpen-cerpen yang menarik.

Jika Anda  banyak membaca buku, maka akan banyak ide yang muncul. Bahkan sering sekali ide muncul secara tiba tiba. Nah, ketika ide muncul anda harus menangkapnya dan menuangkannya ke dalam tulisan.

Jika anda masih bingung cara menulis ide yang muncul, berikut ada tips trik nya:



  • Segera Tulis setiap adegan yang muncul.


Ketika terbersit dipikiran anda ide atau satu adegan yang menarik dan anda ingin membuatnya menjadi cerpen, maka tulislah adegan tersebut. Hal ini berguna agar ide anda tidak hilang. Setelah anda menulisnya anda harus menambah bumbu ceritanya agar terkesan lebih dramatis dan menarik. Jika anda tidak menulisnya maka ide itu kemungkinan akan hilang dan anada akan kehilangan cerita anada.



  • Jangan pusing tentang aturan penulisan.


Jangan terlalu memikirkan tentang ejaan, format cerita, dan segala aturan tetek bengek yang menghalagi anada berkarya. Bebaslah! dan tulislah apapun itu yang ada di kepala anda. Anda juga tidak perlu terlalu pusing mengenai nasib cerpen anda yang penting ide tersebut sudah tertuang dalam bentuk tulisan. Toh! setelah semua tertuang, anda harus melakukan pengendapan agar cerpen anda lebih menarik. Ingat revisi itu nanti!



  • Tulis secara acak


Tulis dan tulis ide cerita yang muncul, tidak perlu berurutan, kalau bisa tulis secara acak. yang penting semua sudah dalam bentuk tulisan. Tulislah semua adegan yang anda pikirkan walau tidak berhubungan. Jika semua sudah tertuang anda punya kesempatan menghubungkan setiap adegan.



  • Endapkan

Langkah berikutnya adalah endapkan cerita anda. Setelah anda selesai menulis cerpen simpanlah selama beberapa hari. Hal ini berguna agar anda lebih siap untuk mengedit cerpen anda.



  • Editing.

Langkah terakhir adalah editing. Cerpen yang telah anda endapkan harus melalui proses editing. Hal ini berguna untuk memperbaiki kesatuan cerita, format pengetikan, dan untuk memperindah cerita yang anda tulis.

Labels: TIPS & TRIK

Thanks for reading Cara Menulis Cerpen dengan Mudah. Please share...!

OPAC (KATALOG BUKU ONLINE)

Back To Top